12 Kebiasaan yang Menghambat Produktifitas
Sumber: https://scholarlyoa.com/ |
Produktif adalah sifat yang semestinya
dimiliki semua orang. Baik pekerja kantoran maupun ibu rumah tangga sekalipun
harus tetap produktif. Memiliki sifat yang produktif bisa membantu kamu untuk
memaksimalkan kemampuanmu dalam menyelesaikan sesuatu tanpa jeda namun juga
tanpa membuat kamu terlalu lelah. Namun, tanpa disadari, ada beberapa hal yang
bisa menghambat produktifitas. Diantaranya adalah:
1. Browsing
Internet Berlebihan
Sumber: https://thebalanceeveryday.com/ |
Browsing menggunakan
internet adalah hal yang bagus untuk dilakukan. Apalagi, sekarang, internet
adalah tempat segala informasi berada. Tapi, kalau secara berlebihan juga tidak
baik. Browsing Internet secara berlebihan dapat membuat kamu lupa waktu dan
malah melalaikan tugas lainnya yang tidak kalah penting yang akhirnya
menghambat produktifitas.
2. Multitasking
Sumber: https://mishpacha.com/ |
Terdengar bagus, kan?
Tapi, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa hanya 2% dari populasi dunia
yang bisa melakukan multitasking dengan baik. Jika kamu tidak bisa melakukan
multitasking dengan baik, maka jangan dilakukan. Kalau masih mau multitasking,
perhatikan berapa banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan secara bersamaan.
Jangan sampai, multitasking yang dilakukan untuk meningkatkan produktifitas
malah bersifat menghambat.
3. Sering
Membuka Email
Sumber: https://litmus.com/ |
Sama seperti browsing,
sering-sering membuka email bisa membuatmu lupa waktu. Kamu mungkin sedang
menunggu email. Namun, sembari menunggu, kamu tidak perlu terus-terusan
merefresh kotak masuk emailmu. Cukup beberapa menit sekali sambil melakukan hal
lain yang mungkin bisa kamu lakukan.
4. Perfeksionis
Sumber: https://liberationist.org/ |
Kalau dipikir-pikir,
menjadi perfeksionis itu memang menghambat produktifitas. Bayangkan, berapa
kali kamu harus mengulang suatu pekerjaan sampai sempurna? Bisa-bisa, waktumu
habis hanya untuk menyempurnakan pekerjaan itu dan mengabaikan pekerjaan lain.
5. Menunda
Pekerjaan
Sumber: https://psycom.net/ |
Tidak perlu diberitahu,
menunda pekerjaan pasti akan menghambat produktifitas. Menunda pekerjaan
artinya tidak melakukan pekerjaan tersebut dan malah melakukan hal lain yang
belum tentu merupakan prioritas tinggi. Jadi, hilangkan kebiasaan menunda
pekerjaan agar lebih produktif.
6. Melakukan
Terlalu Banyak Meeting
Sumber: https://thriveglobal.com/ |
Terlalu banyak meeting
bisa menyebabkan kamu malah bingung dengan pekerjaan yang kamu kerjakan. Akan
ada banyak sekali ketidakpuasan dalam meeting tentang hasil kerjamu. Hal ini
menyebabkan kamu akan terus menerus memperbaiki pekerjaanmu sehingga kamu tidak
punya waktu untuk mengerjakan hal lain.
7. Duduk
Terlalu Lama
Sumber: https://uttarpradesh.org/ |
Siapa sangka kalau duduk
terlalu lama tidak baik untuk produktifitas? Duduk terlalu lama dapat membuat
punggungmu sakit dan membuat kamu menjadi kurang fokus. Jadi, sisihkan waktu
sedikit untuk berdiri dan menggerakkan tubuh.
8. Mematikan Alarm dan Kembali Tidur
Sumber: https://vecteezy.com/ |
Kalau kamu tipe orang
yang mematikan alarm lalu lanjut tidur lagi, maka buang jauh-jauh kebiasaan
ini. Mematikan alarm tidak membuat kamu bisa tidur dengan nyenyak lagi. Yang
ada, kamu malah menguras energi karena memaksakan untuk tidur lagi. Daripada
tidur lagi, lebih baik kamu bangun dan mulai beraktifitas.
9. Tidak
Punya Prioritas
Sumber: https://pavlovych.com/ |
Skala prioritas itu
penting. Dengan skala prioritas, kamu akan tahu mana saja pekerjaan yang harus
kamu lakukan terlebih dulu. Kalau kamu tidak punya skala prioritas, kamu akan keteteran
dan malah jadi menghambat produktifitas.
10. Merencanakan
Terlalu Matang
Sumber: https://atlantachallange.com/ |
Perencaan juga penting.
Namun, kalau kamu hanya fokus pada perencanaan, maka rencana kamu tidak akan
terlaksana. Karena, setiap kali kamu mau memulai, kamu akan merasa kalau
rencana ini belum matang yang akhirnya kamu malah menghabiskan waktu kembali
pada proses perencanaan.
11. Terlalu
Santai
Sumber: https://steemit.com/ |
Terlalu santai juga
menghambat produktifitasmu. Iya, kamu tidak terlalu fokus pada perencanaan.
Namun kamu malah dihadapkan dengan hambatan-hambatan yang semestinya tidak ada
jika kamu merencanakannya dengan baik.
12. Tidur
dengan Handphone
Sumber: https://elemental.medium.com/ |
Handphone memancarkan sinar biru melalui
LED-nya. Sinar biru ini menyebabkan kualitas tidurmu menuruun. Karena kualitas
tidurmu menurun, kamu pun menjadi tidak terlalu bersemangat di pagi hari dan
produktifitasmu menurun.
0 comment: