Tips

Tips Interview Pekerjaan

4:12 AM Jurnal Wanita 0 Comments

Tips Interview Pekerjaan

Sumber: https://inc.com/
Sebuah survei yang melibatkan 2000 HRD menyatakan bahwa 33% dari mereka sudah tahu bahwa mereka tidak akan merekrut seseorang dalam waktu 90 detik. Artinya, dari sebelum pelamar berbicara, mereka sudah dapat menilai kinerja dari gestur dan penampilan yang dilakukan sebelumnya. Jadi, sebelum melakukan interview pekerjaan, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara melakukannya dengan baik. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:
1.     1. Perhatikan Interaksi Nonverbal



Sumber: https://business2community.com/
Interaksi nonverbal adalah interaksi yang diberikan melalui penampilan. Interaksi nonverbal meliputi kontak mata, pengetahuan, gestur, dan postur, bahkan kekuatan saat menjabat tangan. Interaksi ini pun menjadi penilaian penting untuk menentukan apakah kamu adalah calon karyawan yang baik atau tidak. Jadi, sebelum datang interview pekerjaan, latih diri untuk memberikan interaksi nonverbal yang baik. Seperti melakukan kontak mata, tersenyum, duduk dengan tegap dan percaya diri serta asah pengetahuan tentang perusahaan serta posisi yang dilamar.
2.      Tinggalkan Kesan Pertama yang Baik


Sumber: https://philpresents.wordpress.com/
Kesan pertama pun sangat menentukan apakah kamu akan lolos interview pekerjaan ini atau tidak. Kesan pertama yang diberikan seperti cara kamu bergerak, berjalan, volume suara, kepercayaan diri, serta kata-kata yang kamu gunakan. Jangan sampai, sewaktu memperkenalkan diri dalam interview, suaramu terlalu kecil atau terlalu besar dan lainnya. Hal ini dapat mengubah pandangan terhadap Anda.
3.      Pakaian yang Dipakai


Sumber: https://unsplash.com/
70% dari HRD yang melakukan survey menyatakan bahwa mereka tidak ingin merekrut pelamar yang terlalu fashionable atau trendy. Pakaian yang terlalu mencolok juga biasanya tidak disukai. Memakai pakaian yang rapi dan profesional serta tidak terlalu mencolok saat interview pekerjaan adalah hal yang baik.
4.      Ketahui Kesalahan-Kesalahan dalam Interview

Sumber: https://blog.steelerubber.com/
Kesalahan-kesalahan dalam interview pekerjaan bisa kamu dapatkan dari internet. Beberapa diantaranya adalah terlalu berlebihan saat bercerita tentang pekerjaan sebelumnya, tidak humoris dan hangat, tidak terlalu bersemangat, dan lainnya.
5.      Pelajari Pertanyaan yang Sangat Mungkin Ditanyakan


Sumber: https://wholeheartedleaders.com/
Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan saat interview pekerjaan salah satunya adalah apa yang kamu ketahui tentang perusahaan tersebut. Pertanyaan lain tentang pengalaman yang masih berhubungan dengan posisi yang dilamar juga termasuk yang mungkin ditanyakan.

You Might Also Like

0 comment: