Tips
Tips Interview Pekerjaan
Tips Interview Pekerjaan
Sumber: https://inc.com/
Sebuah survei yang melibatkan 2000 HRD menyatakan
bahwa 33% dari mereka sudah tahu bahwa mereka tidak akan merekrut seseorang
dalam waktu 90 detik. Artinya, dari sebelum pelamar berbicara, mereka sudah dapat
menilai kinerja dari gestur dan penampilan yang dilakukan sebelumnya. Jadi,
sebelum melakukan interview pekerjaan, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana
cara melakukannya dengan baik. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:
1. 1. Perhatikan
Interaksi Nonverbal
Sumber: https://business2community.com/
Interaksi nonverbal adalah
interaksi yang diberikan melalui penampilan. Interaksi nonverbal meliputi
kontak mata, pengetahuan, gestur, dan postur, bahkan kekuatan saat menjabat
tangan. Interaksi ini pun menjadi penilaian penting untuk menentukan apakah
kamu adalah calon karyawan yang baik atau tidak. Jadi, sebelum datang interview
pekerjaan, latih diri untuk memberikan interaksi nonverbal yang baik. Seperti
melakukan kontak mata, tersenyum, duduk dengan tegap dan percaya diri serta
asah pengetahuan tentang perusahaan serta posisi yang dilamar.
2. Tinggalkan
Kesan Pertama yang Baik
Sumber: https://philpresents.wordpress.com/
Kesan pertama pun sangat menentukan
apakah kamu akan lolos interview pekerjaan ini atau tidak. Kesan pertama yang
diberikan seperti cara kamu bergerak, berjalan, volume suara, kepercayaan diri,
serta kata-kata yang kamu gunakan. Jangan sampai, sewaktu memperkenalkan diri
dalam interview, suaramu terlalu kecil atau terlalu besar dan lainnya. Hal ini
dapat mengubah pandangan terhadap Anda.
3. Pakaian
yang Dipakai
Sumber: https://unsplash.com/
70% dari HRD yang melakukan survey
menyatakan bahwa mereka tidak ingin merekrut pelamar yang terlalu fashionable
atau trendy. Pakaian yang terlalu mencolok juga biasanya tidak disukai. Memakai
pakaian yang rapi dan profesional serta tidak terlalu mencolok saat interview
pekerjaan adalah hal yang baik.
4. Ketahui
Kesalahan-Kesalahan dalam Interview
Sumber: https://blog.steelerubber.com/
Kesalahan-kesalahan dalam interview
pekerjaan bisa kamu dapatkan dari internet. Beberapa diantaranya adalah terlalu
berlebihan saat bercerita tentang pekerjaan sebelumnya, tidak humoris dan
hangat, tidak terlalu bersemangat, dan lainnya.
5. Pelajari
Pertanyaan yang Sangat Mungkin Ditanyakan
Sumber: https://wholeheartedleaders.com/
Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan saat
interview pekerjaan salah satunya adalah apa yang kamu ketahui tentang
perusahaan tersebut. Pertanyaan lain tentang pengalaman yang masih berhubungan
dengan posisi yang dilamar juga termasuk yang mungkin ditanyakan.
0 comment: