Career,
2. Lupa Membangun Jaringan
4. Terlibat dalam Drama di Kantor
6. Puas akan Hasil Minimum
10. Berpakaian Tidak Profesional
14. Lupa Mengucapkan Terima Kasih
15. Tidak Membela Hak Anda
15 Kesalahan Karir Terbesar
Jika kamu seorang wanita karier kamu perlu membaca artikel
dibawah ini, agar kamu tidak terjebak pada kesalahan karir terbesar
1. Asumsi bahwa Kamu Mengetahui Segalanya
Akan lebih sulit untuk maju, karena kamu tidak mau mempelajari
hal-hal baru.
Orang yang mau belajar adalah orang yang rendah hati dan
menganggap dirinya masih banyak harus belajar. Sedangkan orang yang sombong
berasumsi bahwa dirinya sudah mengetahui segalanya. Sehingga orang sombong
lebih sulit maju dalam karirnya.
2. Lupa Membangun Jaringan
Karena terlalu sibuk bekerja, mengejar karir dan deadlline
sampai lupa harus mulai membangun jaringan (networking). Koneksi sangat
diperlukan membangun bisnis dimasa yang akan datang, mungkin jika kamu sudah
tidak bekerja.
3. Tidak Menyiapkan Diri untuk Rapat
Ketika kamu mendapat kesempatan untuk memimpin meeting atau
bertemu dengan klien usahakan untuk selalu mempersiapkan diri. Kamu bisa
mencatat poin apa saja yang ingin dibahas dalam meeting, dan apa saja yang
ingin ditanyakan sebelum meeting. Sehingga pembahasan dalam meeting menjadi
lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan.
4. Terlibat dalam Drama di Kantor
Setiap kantor pasti memiliki orang yang suka membicarakan
hal buruk orang lain. Kita boleh tidak menyukai orang di kantor, tapi tetaplah
bersikaplah profesional di kantor, tidak perlu melibatkan diri kedalam drama
kantor, tidak ada untungnya.
5. Terlambat saat Meeting
Terlambat saat meeting membuat kamu terlihat tidak
profesional, atau dicap tidak memiliki kesiapan. Hal ini dapat menjadi
pertimbangan atasanmu untuk mempromosikan kamu ke jenjang karir yang lebih
tinggi.
6. Puas akan Hasil Minimum
Kamu tidak perlu menjadi orang yang abisius. Tapi tidak baik
jika kamu tidak memiliki ambisi sama sekali. Kamu akan cepat puas dengan apa
yang kamu dapatkan walaupun itu hasil minimum yang dapat kamu capai dengan
kemampuanmu yang mungkin bisa lebih dari itu.
7. Tidak Mempelajari tentang Perusahaan Anda
Jika kamu baru bekerja disebuah perusahaan pasti kamu belum
paham betul mengenai seluk beluk perusahaan tersebut. Berbeda dengan
orang-orang yang sudah bekerja lama dikantor tersebut. Maka kamu harus
mempelajari tentang perusahaan tempat dimana kamu bekerja, misalnya membaca
company profile atau membaca disitus perusahaan, sehingga kamu memiliki
gambaran mengenai tujuan, visi, misi perusahaan dan bisa menyesuaikan diri
dengan cepat.
8. Lupa Memperbaharui Akun Linkedin
Mengupdate akun Linkedin sangatlah penting, mengenai
kemampuan, pengalaman bekerja, dan sebagainya. Misalnya untuk melamar kerja
diperusahaan yang lebih baik, atau untuk porfolio pribadi untuk karir Anda
selanjutnya.
9. Nekad Berhenti Kerja
Kadang saat kita sedang merasa "muak" atau bosan
dan kesal terhadap perusahaan dimana kamu bekerja sekarang membuat kamu ingin
berhenti dari perusahaan tersebut secepatnya. Tapi jangan bertindak gegabah
dengan nekad berhenti kerja ketika kamu tidak memiliki rencana selanjutnya.
Apakah kamu ingin bekerja ditempat lain atau membuka bisnis sendiri.
10. Berpakaian Tidak Profesional
Tetaplah berpakaian sopan dan rapih didalam kantor. Karena
cara berpakaian kamu mencerminkan kepribadianmu, dengan berpakaian rapih, sopan
dan profesional orang akan melihat dan memperlakukanmu sebagai orang yang
profesional juga.
11. Tidak Belajar dari Kesalahan
Sebagai manusia wajar jika pernah melakukan kesalahan tidak
terkecuali dalam bekerja. Tapi jika kesalahan yang sama dilakukan berulang
kali, atasanmu mungkin akan berpikir bahwa kamu tidak mampu bekerja dibidang
yang kamu lakukan sekarang.
12. Menjadi Orang yang Negatif
Orang yang negatif akan melihat segala sesuatunya secara
pesimis, ini akan memperlambat karirmu. Menjadi orang negatif maksudnya adalah
sulit melihat peluang, suka menjelek-jelekan perusahaan atau rekan kerja,
komplen mengenai pekerjaan dan sebagainya. Cobalah melihat sisi positif dari
setiap keadaan.
13. Tidak Meminta Bantuan
Jangan malu atau sungkan dalam meminta bantuan kepada rekan
kerjamu apabila kamu benar-benar membutuhkan bantuan.
14. Lupa Mengucapkan Terima Kasih
Jika rekan kerja sudah membantumu, jangan lupa mengucapkan
terima kasih. Setiap orang sangat menghargai ucapan terima kasih, dan mungkin
tidak keberatan jika kamu meminta bantuan mereka di lain waktu.
15. Tidak Membela Hak Anda
Jika kamu merasa bahwa hak sebagai karyawan di perusahaan
sudah terganggu, misalnya tidak diberikan jatah cuti, upah lembur, dan bekerja
diluar jam kantor, atau diberikan gaji tidak sesuai apa yang kamu kerjakan,
jangan takut untuk membela hak Anda.
0 comment: