Kids,

Tips Mengatasi Anak yang Kerap Bertengkar

10:49 PM Priscillia Charista 0 Comments



Psikolog dan konsultan pendidikan Proxima Edukreasi Ayu Windiyaningrum Mpsi memberikan tips mengatasi anak-anak yang kerap bertengkar :

1. Lakukan aktivitas bersama : Misalnya membuat gambar atau olahraga.
Aktivitas bersama akan meningkatkan waktu kebersamaan, sehingga diharapkan setiap anak dapat mengerti kelebihan dan kekurangan saudaranya masing-masing.

2. Bermain peran : Minta anak anak untuk berperan terbalik sebagai saudaranya yang lebih tua atau lebih muda. Kegiatan ini tentu baru bisa dilakukan pada anak usia 8-12 tahun. Minta mereka untuk saling bertukar peran selama satu jam. Cara ini bisa meningkatkan pemahaman satu sama lain.

3. Hindari perbandingan : Tanpa sadar kadang orang tua membandingkan anak-anaknya. "Kayak kakak dong, masak kamu begitu aja gak bisa."  atau sebaliknya.Anak-anak tentunya tidak merasa nyaman ketika diperbandingkan. Membandingakn satu sama lain bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri dan memici keengkelan serta pertengkaran.

4. Diskusi terbuka : Ajak anak berbicara secara terbuka mengenai hal hal yang tidak di sukai dari saudaranya dan bagaimana ia ingin diperlakukan. Orangtua berada sebagai penengah, harus bersikap netral dan adil.

You Might Also Like

0 comment: